Monday, December 12, 2011

"Hidup adalah pilihan"[Renungan]


Hidup adalah pilihan :
2 sisi yang berbeda, gak searah, dan bertolak belakang. Masing-2 punya kekuatan dan kelemahan-nya. dan gak ada yang cuma memiliki segi positifnya saja.

Ada 2 buah bibit tanaman yang terhampar di sebuah ladang yang subur.

Bibit A berkata:
“Aku ingin tumbuh besar.
Aku ingin menjejakkan akarku dalam2 di tanah ini, dan menjulangkan tunas2-ku di atas kerasnya tanah ini.
Aku ingin membentangkan semua tunasku, untuk menyampaikan salam musim semi.
Aku ingin merasakan kehangatan matahari, dan kelembutan embun pagi di pucuk2 daunku.”
(Dan bibit itu pun tumbuh, makin menjulang tinggi dan kokoh.)

Bibit B bergumam:
“Aku takut. Jika kutanamkan akarku ke dalam tanah ini, aku tak tahu, apa yang akan kutemui di bawah sana. Bukankah disana sangat gelap? Dan jika kuteroboskan tunasku keatas, bukankah nanti keindahan tunas2-ku akan hilang? Tunasku ini pasti akan terkoyak. Apa yang akan terjadi jika tunasku terbuka, dan siput2 mencoba untuk memakannya? Dan pasti, jika aku tumbuh dan merekah, semua anak kecil akan berusaha untuk mencabutku dari tanah. Tidak, akan lebih baik jika aku menunggu sampai semuanya aman.”
(Dan bibit itupun menunggu, dalam kesendirian.)
Tapi beberapa Hari kemudian, ada seekor ayam mengais tanah itu, dan menemukan bibit B tadi, dan mencaploknya segera.

Menentukan pilihan bagaikan bermain judi, penuh spekulasi, salah sedikit, kita akan masuk ke keadaan yang tidak menyenangkan. Namun itu bukanlah akhir dari segalanya, karena inilah hidup. Kita harus berani untuk menghadapinya.

Renungan:
Selalu saja ada pilihan dalam hidup. Selalu saja ada lakon-lakon yang harus kita jalani. Tapi, seringkali kita berada dalam kepesimisan, kengerian, keraguan, dan kebimbangan-kebimbangan yang kita ciptakan sendiri.

Kita sering terbuai dengan alasan-alasan untuk tidak mau melangkah, tidak mau menatap hidup. Karena hidup adalah pilihan, maka, hadapilah itu dengan gagah. Dan karena hidup adalah pilihan, maka, pilihlah dengan bijak.

Hidup memang penuh dengan teka-teki dan misteri. Tapi sebagai orang bijak, pilihan harus diambil dengan ketulusan hati nurani….. DAN JANGAN MENYESAL !!!!! karena gak ada orang yang sukses di muka bumi ini, tanpa pilihan-2 hidup yang salah.
Bila ingin jadi pohon besar siaplah diterpa angin dan badai,
jika tidak jadilah rumput yang hidup dibawah pohon besar.
Namun kau akan selalu diinjak-injak orang.

Jika tidak ingin ditumbangkan angin dan diinjak-injak orang, jadilah semak belukar.
Namun suatu saat kau akan dirabas orang.

Kita harus mampu bangkit kembali disetiap kegagalan dan kesalahan pilihan dalam hidup kita. Karena gak ada pilihan yang salah atau pun benar dalam hidup ini. Semua pilihan pasti ada hikmah-nya..

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates