Thursday, January 19, 2012

TESTIMONI



                                                                                     
                                                                                               
Sungguh sangat mengasyikkan menjalani kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Dimulai dari proses kegiatan belajar mengajar di kelas sampai pada kegiatan menulis cerita di blog. Awalnya saya mimilih mata kuliah ini hanya karena ini adalah mata kuliah pilihan dan saya berada dalam departemen pendidikan sehingga menurut saya ini kan menambah informasi seputar dunia pendidikan di sekolah.
            Mata kuliah ini menuntut mahasiswa untuk dapat aktif dan kreatif serta memberikan respon yang penuh saat proses pembelajran berlangsung. Sistem pembelajaran dengan metode presentasi akan membuat mahasiswa lebih terlatih dalam kemampuan berkomunikasi di depan forum. Seperti yang kita ketahui bahwa komunikasi merupakan hal terpenting yang harus dimiliki seorang sarjana psikologi untuk dapat berhubungan baik dengan orang lain. Terlebih lagi dengan metode presentasi, seseorang dituntut untuk menghargai orang lain ketika sedang berbicara dan menyampaikan pendapatnya. Hal ini akan melatih seorang sarjana psikologi untuk dapat menghargai dan berempati pada klien. Presentasi juga memberikan masukan bagi tiap individu untuk dapat mengintrospeksi dirinya dalam berbicara di depan umum dengan melihat dan mengobservasi setiap presenter yang sedang mempresentasikan materi. Proses tersebut akan memberi masukan dan mengarahkan individu untuk dapat memperbaiki cara presentasi yang biasa dilakukan. Disamping itu, rasa percaya diri juga harus dimiliki setiap mahasiswa tidak terkecuali dengan jurusan apapun untuk dapat menunjukkan kompetensi dan ilmu yang dimilikinya sehingga orang lebih yakin dengan informasi yang kita sampaikan.
            Hal menarik lainnya juga saya dapatkan pada mata kuliah ini. Sebelumnya, ada beberapa mata kuliah yang juga menggunakan metode yang sama. Metode ini mengikutsertakan alumni Psikologi USU yang telah berpengalaman di bidang konseling untuk memberikan sedikit materi praktis serta memberikan gambaran mengenai dunia bimbingan dan konseling di kota Medan. Banyak hal yang bisa saya dapat dari proses belajar pada hari itu. Satu hal yang menjadi pertanyaan saya selama ini bahwa ternyata proses bimbingan dan konseling tidak hanya dapat dilakukan pada guru dengan latar belakang bimbingan dan konseling saja atau bahkan tenaga profesional saja seperti seorang Psikolog. Ternyata proses bimbingan dan konseling juga dapat dilakukan oleh sarjana Psikologi. Spontan saya langsung berpikir bahwa sangat luas sekali lapangan pekerjaan yang akan dimiliki oleh seornag mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan Psikologi.
Mata kuliah ini merupakan wadah bagi saya untuk dapat aktif berkreasi melalui blog. Melalui tulisan-tulisan yang ada dalam blog, saya dapat mengeksplor kemampuan menulis dan menjadi lebih kreatif dalam penulisan artikel. Selain itu, pemberian informasi juga lebih menarik yaitu dengan memberitahukan beberapa info melalui facebook group. Kekurangannya adalah mahasiswa yang tidak aktif di facebook dan dunia internet akan ketinggalan beberapa informasi seputar matakuliah bimbingan dan konseling.
            Sangat banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan melalui matakuliah ini. Hal yang sangat disayangkan adalah ketika mahasiswa harus mengikuti matakuliah ini pada sore hari ketika seluruh mahasiswa maupun dosen pengajar telah lelah karena disibukkan oleh beberapa aktifitas sebelumnya. Akan lebih baik lagi jika mata kuliah ini diisi pada jam-jam belajar di pagi hari karena mahasiswa akan lebih fresh dan fokus saat proses pembelajaran.
            Akhir kata saya Dina Dara Ginting mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada ibu dosen pengajar yang telah memberikan banyak informasi, pengetahuan, dan pengalaman berarti sebagai proses menuju kedewasaan. Semoga dengan ini, saya dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang saya dapatkan di masyarakat.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates